Selasa, 14 Oktober 2014

Pengertian Kaligata/Urtikaria

Gatal-gatal, juga dikenal sebagai urtikaria/kaligata, adalah wabah bengkak, benjolan merah pucat, patch, atau bekas pada kulit yang muncul tiba-tiba - baik sebagai akibat dari alergi, atau karena alasan lain. 

Hives biasanya menyebabkan gatal, tetapi juga dapat membakar atau menyengat. Mereka dapat muncul di manapun pada tubuh, termasuk wajah, bibir, lidah, tenggorokan, atau telinga. Hives bervariasi dalam ukuran (dari penghapus pensil untuk piring makan), dan dapat bergabung bersama untuk membentuk wilayah yang lebih luas dikenal sebagai plak. Mereka dapat bertahan selama berjam-jam, atau sampai beberapa hari sebelum memudar. 

Angioedema mirip dengan gatal-gatal, tapi bengkak itu terjadi di bawah kulit bukan di permukaan. Angioedema ditandai dengan pembengkakan dalam di sekitar mata dan bibir dan kadang-kadang dari alat kelamin, tangan, dan kaki. Hal ini biasanya berlangsung lebih lama dari gatal-gatal, tapi bengkak itu biasanya hilang dalam waktu kurang dari 24 jam. 

Kadang-kadang, berat, pembengkakan jaringan berkepanjangan dapat menodai. Dalam kasus yang jarang terjadi, angioedema tenggorokan, lidah, atau paru-paru dapat memblokir saluran udara, menyebabkan kesulitan bernapas. Hal ini mungkin menjadi mengancam nyawa

Apa Penyebab Hives dan Angioedema? 

Gatal-gatal dan bentuk angioedema saat, dalam menanggapi histamin, kebocoran plasma darah keluar dari pembuluh darah kecil di kulit. Histamin adalah bahan kimia yang dilepaskan dari sel-sel khusus di sepanjang pembuluh darah kulit.

Reaksi alergi, bahan kimia dalam makanan, sengatan serangga, paparan sinar matahari, atau obat-obatan semua bisa menyebabkan pelepasan histamin. Kadang-kadang, tidak mungkin untuk mencari tahu persis mengapa gatal-gatal telah terbentuk.

Ref
http://geniesherbal.wordpress.com/2014/06/30/obat-tradisional-kaligata/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar